Text
Pengaruh luas pengungkapan corporate social responsibility, environmental cost dan environmental performance terhadap nilai perusahaan
ABSTRAK
ICHI ANDIFA CHANDRA KIRANA. Pengaruh Luas Pengungkapan
Corporate Social Responsibility, Environmental Cost, dan Environmental
Performance Terhadap Nilai Perusahaan. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri
Jakarta, 2019.
Nilai perusahaan adalah suatu konsep yang penting bagi investor, karena hal
tersebut menjadi tolak ukur bagi pasar dalam menilai perusahaan secara
keseluruhan. Nilai perusahaan merupakan salah satu persepsi investor terhadap
tingkat keberhasilan perusahaan yang terkait erat dengan harga sahamnya.
Perusahaan sektor industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
dipilih sebagai objek penelitian karena perusahaan – perusahaan tersebut
memberikan dampak atau pengaruh yang cukup signifikan terhadap lingkungan di
sekitarnya sebagai akibat dari aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan serta
perusahaan pada sektor industri manufaktur tergolong banyak dan variatif.
Melalui teknik purposive sampling terpilih 25 perusahaan sektor industri
manufaktur, dengan tahun amatan selama 2013 – 2017 terdapat 125 sampel yang
diolah dengan analisis regresi data panel menggunakan Eviews 10.
Berdasarkan hasil dan kesimpulan penelitian, luas pengungkapan corporate social
responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Environmental cost
berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Environmental performance tidak
berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Environmental
Cost, Environmental Performance, Nilai Perusahaan
SS00020512 | SK 20512 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain