Text
Pengaruh efikasi diri dan kecerdasan daya juang (adversity quotien) terhadap kemandirian belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMAN 54 Jakarta
ABSTRAK
Fathin Fatinah Anshari. Pengaruh Efikasi Diri dan Kecerdasan Daya Juang (Adversity Quotient) terhadap Kemandirian Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMAN 54 Jakarta.Februari 2019.
Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta sejak Oktober 2018 sampai dengan Februari 2019. Metode yang digunanakan dalam penelitian adalah metode pendekatan kuantitatif, metode survey dan menggunakan analisis jalur atau path analysis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan kecerdasan daya juang terhadap kemandirian belajar ekonomi pada siswa kelas X IIS SMAN 54 Jakarta. Jenis data yang digunanakan adalah data primer. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 54 Jakarta. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu dengan metode Proportionate Stratified Random Sampling dengan sampel penelitian sejumlah 70 siswa. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Analisis jalur digunakan untuk menentukan besarnya pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya, baik pengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 64,7% variasi kemandirian belajar sebagai variabel dependen ditentukan oleh efikasi diri dan kecerdasan daya juang sebagai variabel independen, sedangkan 35,3% variasi kemandirian belajar ekonomi ditentukan oleh faktor-faktor lainnya. Hasil perhitungan menyimpulkan terdapat pengaruh efikasi diri dan kecerdasan daya juang (adversity quotient) terhadap kemandirian belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMAN 54 Jakarta.
Kata kunci : kemandirian belajar, efikasi diri, kecerdasan daya juang
SS00020503 | SK 20503 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain