Text
Wisata museum di Bandung : faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi niat kunjung ulang wisatawan ?
ABSTRAK
Tri Putra Septianto, 2019; Wisata Museum Di Bandung: Faktor-Faktor Apa
Saja Yang Memengaruhi Niat Kunjung Ulang Wisatawan?. Skripsi. Jakarta:
Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri
Jakarta. Tim Pembimbing: Usep Suhud, M.Si, Ph.D dan Shandy Aditya, BIB,
MPBS.
Apa saja faktor-faktor yang membuat wisatawan memiliki niat untuk mengunjungi
kembali sebuah museum, khususnya di Bandung. Kota yang sarat akan sejarah
meninggalkan banyak peristiwa, bangunan bersejarah, hingga museum. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pengalaman terhadap kepuasan
wisatawan, motivasi terhadap kepuasan wisatawan, pencarian hal-hal baru terhadap
kepuasan wisatawan kualitas pengalaman terhadap niat kunjung ulang, motivasi
terhadap niat kunjung ulang, pencarian hal-hal baru terhadap niat kunjung ulang,
dan kepuasan wisatawan terhadap niat kunjung ulang. Desain penelitian merupakan
konklusif-deskriptif dan cross sectional, disebarkan ke 250 responden yang pernah
mengunjungi museum di Bandung antara lain Museum Sri Baduga, KAA, Geologi,
dan Pos Indonesia dengan metode convenience sampling. Data diolah dengan
menggunakan metode Structural Equation Modelling. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa kualitas pengalaman, motivasi, dan pencarian hal-hal baru
berpengaruh positif terhadap kepuasan wisatawan serta pencarian hal-hal baru dan
motivasi berpengaruh positif terhadap niat kunjung ulang wisatawan. Namun pada
penelitian ini tidak ditemukan pengaruh positif antara pencarian hal-hal baru dan
kepuasan wisatawan terhadap niat kunjung ulang.
Kata kunci: Museum di Bandung, Kualitas Pengalaman, Motivasi, Pencarian Halhal Baru, Kepuasan Wisatawan, Niat Kunjung ulang, Pariwisata
SS00020527 | SK 20527 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain