Text
Upaya meningkatkan hasil belajar lempar turbo menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SDS Kartini Jakarta
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TURBO MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V
(Studi Action Research di SDS Kartini Jakarta)
Farhan Azhar
Pendidikan Jasmani, Universitas Negeri Jakarta
farhan.azhar96@yahoo.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lempar turbo melalui media audio visual. Penelitian ini dilaksanakan di SDS Kartini Jakarta dengan subjek penelitian berjumlah 25 siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalan metode Penelitian Tindakaan (Action Research). Penelitian tindakan yang digunakan adalah penelitian tindakan Kemmis & McTaggart dengan siklus I dan II dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi/analisis. Teknik pengambilan data dengan pengambilan data kuantitatif dan kualitatif dengan cara tes, observasi dan catatan lapangan.
Hasil penelitian ini adanya peningkatan hasil belajar lempar turbo melalui media audio visual berupa video pembelajaran lempar turbo yang dimulai dari tahap awalan, langkah menyilang, posisi melempar, lemparan dan follow through. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata tes siswa, Untuk tes awal = 75,6, dan kemudian peserta didik menunjukan peningkatan pada tes siklus I = 78,1 dan pada siklus II menunjukan peningkatan sebesar 80,0. Untuk kelulusan belajar peserta didik berdasarkan hasil tes awal lempar turbo siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 9 siswa (36%) , siklus I siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 11 siswa (69%) dan pada siklus II siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 5 siswa (100%). Penelitian ini berakhir pada siklus II karena semua siswa sudah dapat melakukan gerakan dengan benar dan melewati tes yang sudah peneliti lakukan. Instrumen tes untuk penelitian ini sudah di uji reliabilitaskan, dengan hasil R=0,81. Menurut Suharsimi Arikunto (2006), koefisien R=0.81 dapat dikatakan Reliabilitas Instrumen ini Tinggi.
Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Atletik kids, Lempar Turbo, Peserta Didik, Media Audio Visual.
SS00021044 | SK 21044 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain