Text
Pemanfaatan buku teks dalam pembelajaran sejarah kelas X MIA SMA Negeri 76 Jakarta
ABSTRAK
Wildan Aditya Nugraha, Pemanfaatan Buku Teks Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X MIA di SMA Negeri 76 Jakarta ( Penelitian Kualitatif di kelas X MIA SMA Negeri 76 Jakarta ). Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah FIS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan buku teks dalam pembelajaran di kelas X MIA SMA 76 Jakarta. Penelitian ini sudah dilakukan sejak akhir maret 2019 sampai pertengahan Juni 2019. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, data yang didapat berasal dari hasil pengamatan ( Observasi ), wawancara, dan dokumen.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan informan inti adalah Guru Sejarah kelas X dan siswa kelas X MIA. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil temuan yang didapat menunjukan bahwa pemanfaatan buku teks di kelas X khususnya X MIA masih kurang dari kata optimal, beberapa faktor yang mempengaruhi kurang optimalnya pemanfaatan buku teks sejarah wajib yaitu guru yang lebih aktif berbicara dibandingkan siswa, lalu jumlah buku teks yang kurang dengan jumlah siswa, sehingga siswa agar dapat menggunakan buku harus memakai buku bersama dengan teman yang membawa buku, faktor terakhir adalah siswa menganggap kurang menariknya pelajaran sejarah wajib dan minat untuk belajar pelajaran sejarah yang kurang, sehingga siswa menjadi kurang untuk memanfaatkan buku teks yang ada.
Kata Kunci : Pemanfaatan Buku Teks, Pembelajaran Sejarah
SS00021006 | SK 21006 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain