Text
Konstruksi sosial dalam membentuk perilaku literasi anak marjinal : studi kasus program literasi komunitas jendela Manggarai
ABSTRAK
Novianti, Konstruksi Sosial dalam Membentuk Perilaku Literasi Anak Marjinal (Studi Kasus: Program Literasi Komunitas Jendela Manggarai). Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Jakarta 2019.
Penelitian ini berlokasi di Manggarai Utara VI No.17 RT, 004/01, Manggarai, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program literasi yang dilakukan oleh Komunitas Jendela melalui relawan dan Koordinator. Komunitas jendela sebagai pelaksana yang berfungsi untuk menanamkan nilai-nilai literasi kepada anak marjinal. sehingga memberikan pengaruh dalam pemberian nilai literasi kepada anak marjinal .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,menggunakan konsepkonstruksi sosial dari Peter L Beger yang mencakup, eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi.Data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara yang didapat dengan mewawancarai subjek penelitian 3 orang koordinator, 3 orang relawanyang mengajar di Komunitas Jendela sebagai informan kunci, 3 orangtua sebagai informan pendukung dan 3 anak marjinal yang belajar di komunitas jendela sebagai informan pendukung. Lokasi penelitian dilakukan di Komunitas Jendela Manggarai pada bulan Desember hingga Maret 2019.
Berdasarkan hasil penelitian, sosialisasi yang diberikan oleh komunitas jendela manggarai dalam pelaksanaan program literasirelawan di komunitas Jendela untuk meningkatkan perilaku literasi anak marjinal. Komunitas Jendela dalam membentuk perilaku literasi anak marjinial menyediakan perpustakaan. Penelitian ini dianalisis menggunakan Konstruksi sosial Peter L Berger dalam prosesnya yang pertamaEksternalisasi, eksternalisasi dalam komunitas jendela Manggarai dilakukan oleh para kakak relawan yang mengekternalisasikan budaya perilaku literasi yang mereka milikikepada anak marjinal melalui Obyektivasi, Objektivasi perilaku literasi dalam komunitas jendela Manggarai mengarah pada terbentuknya komunitas jendela bahkan terbentuknya itu program literasi sendiri dan program literasi tersebut masuk kedalam diri anak marjinal melaluiInternalisasi, Proses internalisasi tertanam didalam diri anak marjial di komunitas jendela mangarai melalui relawan berupa nilai-nilai edukasi dan juga nilai literasi.
Kata Kunci: Perilaku Literasi, Anak Marjinal, Konstruksi Sosial
SS00021007 | SK 21007 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain