Text
Upaya meningkatkan kebugaran jasmani dan minat belajar pendidikan jasmani melalui metode permainan pada siswa kelas VIII SMPN 147 Jakarta
ABSTRAK
ANBIYA MININDRA UTAMA. UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI
DAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI METODE PERMAINAN
PADA SISWA KELAS VIII SMPN 147 JAKARTA. Skripsi. Jakarta: Pendidikan
Jasmani, Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kebugaran
jasmani dan minat belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas VIII SMPN
147Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan
Kelas (Class Room Action Research) dengan pengambilan data kualitatif.
Pelaksanaan penelitian tindakan ini melibatkan ahli dalam bidang pendidikan jasmani
sebagai kolaborator. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus
II dan diawali dengan kegiatan observasi awal. Penelitian ini dilaksanakan bersamaan
dengan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.
Hasil upaya peningkatan kebugaran jasmani siswa siklus I nilai rata-rata
keseluruhan 17, dan siklus II nilai rata-rata siswa secara keseluruhan 20. Sedangkan
untuk minat belajar siswa siklus I nilai rata-rata keseluruhan 75, dan siklus II nilai ratarata siswa secara keseluruhan 78. Dengan melihat nilai rata-rata dan ketuntasan
siswa setiap siklus memperlihatkan adanya peningkatan. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa upaya peningkatan kebugaran jasmani dan minat belajar siswa
VIII SMPN 147Jakarta berhasil atau tuntas dengan presentase 100% atau seluruh
anak mengalami peningkatan yang signifikan dan juga pada batas yang di sepakati.
upaya meningkatkan kebugaran jasmani dan minat belajar pendidikan jasmani
pada siswa kelas VIII SMPN 147Jakarta telah tuntas atau selesai.
Kata Kunci : Upaya meningkatkan, kebugaran jasmani, minat belajar, pendidikan
jasmani.
SS00021061 | SK 21061 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain