Text
Efektivitas metode block practice dan random practice terhadap keterampilan Passing futsal bie the great akademi usia 16 tahun
ABSTRAK
MUHAMMAD FAKHRI YORIKO, EFEKTIVITAS METODE LATIHAN BLOCK PRACTICE DAN RANDOM PRACTICE TERHADAP KETERAMPILAN PASSING FUTSAL BIE THE GREAT FUTSAL AKADEMI USIA 16 TAHUN. Skripsi. Jakarta : Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Jakarta 2019.
Tujuan penelitian ini adalah: 1. untuk mengetahui efektivitas metode block practice terhadap keterampilan passing, 2. Untuk mengetahui efektivitas metode random practice terhadap keterampilan passing, 3. Untuk mengetahui lebih efektif mana metode block atau random untuk diterapkan kepada pemain futsal akademi bie the great. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas metode block practice (X1), random practice (X2) dan variabel terikat keterampilan passing (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode eksperimen dengan menggunakan pre dan post tes design. Penelitian ini menggunakan teknik statistik uji-t perhitungan data untuk membandingkan tes awal dengan tes akhir metode block practice dan random practice. uji-t yang pertama diperoleh perbandingan metode block practice perbandingan data awal dan data akhir yang berupa thitung sebesar 4,023, sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dengan df (n-1) = 9 adalah 1,83, maka thitung (4,023) > (1,83), berarti Ho ditolak yaitu terdapat peningkatan yang signifikan pada Metode Block Practice terhadap keterampilan Passing permainan Futsal pada Akademi Bie The Great usia 16 tahun. Hasil uji-t kedua diperoleh hasil perbandingan metode random practice data awal dan data akhir yang berupa thitung sebesar 0,136 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dengan df (n-1) = 9 adalah 1,83, maka thitung (0,136) < (1,83), berarti Ho diterima yaitu tidak terdapat peningkatan yang signifikan pada Metode Passing Random terhadap Passing pemain akademi Bie The Great usia 16 tahun. Dan hasil uji-t ketiga diperoleh perbedaan antara metode block dan random yaitu thitung sebesar 4,552 dan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan df (n-2) = 18 adalah 1,73. Maka thitung (4,552) > ttabel (1,73) sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara Metode Passing Block dan Metode Passing Random. Dari ketiga hipotesis ini Hasil penelitian ini dapat diterima artinya Metode block practice lebih efektif dibandingkan random practice untuk meningkatkan keterampilan passing di akademi Bie The Great usia 16 tahun.
Kata kunci : Efektivitas, Block Practice dan Random Practice
SS00021096 | SK 21096 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain