Text
Meningkatkan hasil belajar guling depan dengan menggunakan audio visual pada siswa kelas V SD Hati Kudus Jakarta Barat
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN DENGAN
MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD HATI
KUDUS JAKARTA BARAT
RINGKASAN
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar guling depan
dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD Hati Kudus
Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan yang
dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart.. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Hati Kudus dengan jumlah siswa 30
orang yang terdiri dari 15 siswa dan 15 siswi. Dalam validasi uji kelayakan
instrument penilaian peneliti bekerjasama dengan dosen senam, dan dosen
ahli senam. Setelah dilakukannya validasi kelayakan instrument penilaian,
terdapat 4 indikator yang digunakan dalam penelitian ini.
Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes
kepada siswa untuk mengetahui apakah media audio visual bisa
meningkatkan hasil belajar siswa. Dari Hasil penelitian ini menunjukkan
perbedaan hasil tes siswa sebelum dan sesudah menggunakan media audio
visual, dari 30 siswa yang lulus ≥ 75 sebanyak 27 siswa atau presentase
90%. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan kepada guru
Pendidikan Jasmani untuk menggunakan media audio visual untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : guling depan, model pembelajaran, audio visual
SS00021099 | SK 21099 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain