Text
Pengembangan LKPD dilengkapi augmented reality untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi fisika SMA kelas XII semester ganjil
ABSTRAK
DADAN SUMARDANI. Pengembangan LKPD Dilengkapi Augmented Reality untuk Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Fisika SMA Kelas XII Semester Ganjil. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Pembelajaran abad 21 telah mendorong hadirnya teknologi dalam dunia pendidikan. Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang memerlukan praktikum untuk menyampaikan materinya yang bersifat abstrak. Namun, dalam praktikum fisika saat ini masih digunakan LKPD yang belum menunjang keterampilan berpikir tingkat tinggi dan belum terintegrasinya teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Praktikum dilengkapi Augmented Reality (AR) pada materi fisika kelas XII semester ganjil. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development model Dick and Carey. Data penelitian ini diperoleh dari hasil validasi oleh ahli materi, media, dan pembelajaran, serta hasil uji coba oleh guru dan peserta didik yang dilakukan dengan kuisioner skala likert. Dilakukan pula pretest dan posttest untuk menguji peningkatan peserta didik. Produk yang dihasilkan adalah LKPD dilengkapi teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat menampilkan video pada tahapan stimulus, prosedur dan aplikasi konsep dengan cara memindai gambar berlogo AR dengan smartphone android. Hasil uji kelayakan LKPD yang dilakukan oleh ahli materi mendapat rata-rata persentase sebesar 93%, uji kelayakan yang dilakukan ahli media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 90%, dan uji kelayakan yang dilakukan ahli pembelajaran mendapatkan rata-rata persentase sebesar 81%. Hasil uji coba pengguna oleh guru mendapatkan presentase rata-rata sebesar 98%, uji coba pengguna oleh peserta didik mendapat rata-rata 90,1%, dan hasil uji pre-test dan post-test mendapat n-gain sebesar 0,72. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi sudah memenuhi kriteria sangat baik berdasarkan penilaian dari segi materi, media dan pembelajaran serta dinyatakan layak sebagai bahan ajar Fisika dalam materi kelas XII semester Ganjil.
Kata Kunci : Augmented, HOTS, LKPD.
SS00021245 | SK 21245 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain