Text
Pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap literasi kimia peserta didik pada materi larutan penyangga
ABSTRAK
NUR AZMI PERMATASARI. Pengaruh Model Pembelajaran Guided
Discovery Learning terhadap Literasi Kimia Peserta Didik pada Materi
Larutan Penyangga. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri
Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi pengaruh model
pembelajaran guided discovery learning terhadap literasi kimia peserta
didik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilakukan di SMAN 53
Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian
yang digunakan yaitu quasi experiment. Sampel pada penelitian ini dipilih
melalui teknik sampling purposive random sampling dan didapatkan kelas
XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dan Kelas XI MIPA 3 sebagai kelas
eksperimen. Kelas kontrol mendapat pembelajaran dengan metode
diskusi dan kelas eksperimen mendapat pembelajaran dengan model
pembelajaran guided discovery learning.
Berdasarkan hasil analisis data, nilai thitung sebesar 5,568 dan nilai ttabel
sebesar 2,001 dengan df= 59 dan taraf signifikansi = 0,05. Hasil
penelitian tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel
(5,568 > 2,001), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif
pada penerapan model pembelajaran guided discovery learning terhadap
literasi kimia peserta didik pada materi larutan penyangga.
Kata kunci: Model pembelajaran guided discovery learning, literasi kimia,
larutan penyangga
SS00021244 | SK 21244 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain