Text
Pengaruh perhatian orang tua dan konsep diri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa, dagang dan manufaktur kelas XI jurusan akuntansi SMK Negeri 2 Cikarang Barat
ABSTRAK
LIDIA SYUKRILLAHI NI’MAH. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Konsep
Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan
Jasa, Dagang, dan Manufaktur SMK Negeri 2 Cikarang. Skripsi, Jakarta:
Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi,
Jurusan Ekonomi Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
2019.
Penelitian ini dilakukan selama empat bulan, terhitung mulai dari bulan Maret
2019 hingga Juni 2019. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi
dari penelitian adalah seluruh siswa/siswi jurusan akuntansi kelas XI SMK Negeri
2 Cikarang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik acak proporsional
(propotional random sampling) dengan sampel sebanyak 84 siswa. Instrumen yang
digunakan untuk memperoleh data Variabel X1 (Perhatian Orang Tua), X2 (Konsep
Diri), dan Y (Hasil Belajar) dalam penelitian ini diukur menggunakan skala likert.
Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan mencari persamaan
regresi ganda dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 32,829 + 0,208X1 + 0,257X2 ,
sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan melihat hasil uji
statistic Kolmogrov Smirnov yaitu sebesar 0,344, lebih besar dari 0,05 (> 0,05),
hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji linearitas
dengan melihat ANOVA Tabel yang diperoleh dari Y dengan X1 (X2 dianggap
konstan), dan Y dengan X2 (X1 dianggap konstan) diperoleh Deviation from
Linearity sebesar 0,384 dan 0,419. Lebih besar dari 0,05 (> 0,05) yang menyatakan
terdapat hubungan yang linier dan signifikan. Uji hipotesis melalui uji F
menghasilkan Fhitung > Ftabel sebesar 20,482 > 3,11 maka dapat disimpulkan
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua dan konsep diri
terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Cikarang. Uji koefisien determinasi
menghasilkan R Square sebesar 0,336 atau 33,6% maka dapat diambil kesimpulan
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan
konsep diri terhadap hasil belajar siswa di SMKN 2 Cikarang.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Perhatian Orang Tua, Konsep Diri
SS00021199 | SK 21199 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain