Text
Pengaruh motivasi belajar dan sarana prasarana belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer akuntansi SMK Negeri 2 Bekasi
ABSTRAK
MARISTA OKTAVIANI, Pengaruh Motivasi Belajar dan Sarana Prasarana Belajar terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran Komputer Akuntansi SMK Negeri 2 Bekasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan sarana prasarana belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer Akuntansi kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 2 Bekasi tahun ajaran 2018/2019. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh sarana dan prasarana belajar terhadap hasil belajar, dan terdapat pengaruh motivasi belajar dan sarana prasarana belajar terhadap hasil belajar.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMK Negeri 2 Bekasi tahun ajaran 2018/2019 dan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas XI bidang keahlian Akuntansi yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengambilan keputusan sampel adalah menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 73 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Berdasarkan hasil perhitungan uji koefisien regresi secara simultan, nilai diketahui Fhitung = 38,383 > Ftabel = 3,13 dengan nilai signifikansi 0,000 dengan tingkat signifikansi 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh motivasi belajar dan sarana prasarana secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan pada hasil uji koefisien regresi secara parsial, yaitu motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar thitung = 4,33 > ttabel = 1,99 dapat disimpulkan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Nilai thitung sarana prasarana sebesar 4,66 > ttabel = 1,99 dapat disimpulkan sarana prasarana berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Uji hipotesis menyatakan bahwa secara simultan maupun parsial semua variabel independen (motivasi belajar dan sarana prasarana belajar) mempengaruhi variabel dependen (hasil belajar siswa). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan sarana prasarana belajar terhadap hasil belajar pada SMK Negeri 2 Bekasi.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Sarana Prasarana Belajar, Hasil Belajar
SS00021184 | SK 21184 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain