Text
Pengaruh motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK Akuntansi di Jakarta Selatan
ABSTRAK
ABIASTI RAHMI HUDAYANI , 8105151701. Pengaruh Motivasi Kerja dan
Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Akuntansi di
Jakarta Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan
kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerj guru. Penelitian ini dilakukan pada
bulan Januari-Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan ialah metode survey.
Populasi penelitian ialah 50 Guru Akuntasi Jakarta Selatan, dan sampel yang
digunakan pada penelitian ini ialah sebanyak 44 Guru dengan menggunakan simple
random sampling. Data variabel Y (Kinerja Guru), X1 (Motivasi Kerja), dan X2
(Kepemimpinan Kepala Sekolah) merupakan data primer dan sekunder dengan
menggunakan model skala likert. Teknik analisis data menggunakan SPSS 25.0.
Hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan hitung sebesar (28,965) > F tabel
(3,23), hal ini berarti Motivasi kerja (X1) dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X2)
secara serentak memberikan pengaruh terhadap Kinerja Guru (Y). Uji t
menghasilkan t hitung Motivasi Kerja (X1) (2,920) > t tabel (2,280) dan variabel
Kepemimpinan Kepla Sekolah (X2) (4,204) > t tabel (2,019), maka terjadi pengaruh
positif Motivasi Kerja(X1) terhadap Kinerja Guru (Y) dan Kepemimpinan Kepala
Sekolah (X2) terhadap Kinerja Guru (Y). Berdasarkan analisis data tersebut, maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif Motivasi Kerja dan
Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Hasil penelitian memiliki
persamaan regresi berganda Y = 135,944+ 0,897X1 + 1,677X2.. Uji koefisien
determinasi (R2
) sebesar 55,2%, yaitu masing-masing variable Motivasi Kerja X1
dan Kepemimpinan Kepla Sekolah X2 menyumbang pengaruh sebesar % terhadap
Kinerja Guru Y.
Kata Kunci:Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah , Kinerja Guru
SS00021152 | SK 21152 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain