Text
Pengaruh kesadaran merek dan suasana toko terhadap keputusan pembelian produk distro di Jakarta
ABSTRAK
ALIF ICKSAN PRABOWO, Pengaruh Kesadaran Merek dan Suasana Toko
terhadap Keputusan Pembelian Produk Distro di Jakarta.
Penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta selama lima
bulan dimulai dari bulan Februari sampai dengan Juni tahun 2019. Tujuan
dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek
dan suasana toko terhadap keputusan pembelian produk distro di Jakarta. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional,
populasi diambil dari pengunjung Distro di kota Jakarta. Jumlah sampel sebanyak
141 responden diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 24,023 + 0,948 X1 dan Ŷ = 23,109
+ 0,880 X2. Uji persyaratan analisis yaitu menggunakan uji normalitas dan
linieritas. Uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat
signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikansi sebesar
0,051. Karena tingkat signifikansi tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa
data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya.
Uji linieritas regresi Y atas X1 menghasilkan nilai signifikansi 0.000 < 0,005 dan
uji linieritas regresi Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi 0.000 < 0,005,
sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji t
dihasilkan Y atas X1 thitung = 6,352 dan ttabel = 1,65605, Y atas X2 thitung = 6,562
dan ttabel = 1,65605. Dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasinya adalah positif
dan signifikan. Koefisien determinasi Y atas X1 diperoleh sebesar 0,226 yang
menunjukkan bahwa 22,6% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh
kesadaran merek. dan Y atas X2 yang diperoleh sebesar 0,238 yang menunjukkan
bahwa 23,8% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh suasana toko.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Kesadaran Merek, Suasana Toko.
SS00021168 | SK 21168 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain