Text
Analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada penggunaan mobile learning dalam materi kesetimbangan ion dan pH larutan garam
ABSTRAK
Nindya Kartika. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta
Didik pada Penggunaan Mobile Learning dalam Materi Kesetimbangan
Ion dan pH Larutan Garam: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta,
Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir tingkat
tinggi peserta didik dengan menggunakan mobile learning pada materi
kesetimbangan ion dan pH larutan garam. Penelitian ini dilakukan pada
peserta didik kelas XI SMA Negeri 105 Jakarta tahun ajaran 2018/2019
dengan subyek penelitian terdiri dari 36 orang. Penelitian dilakukan
dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan
data melalui observasi, reflektif jurnal, wawancara dan kuesioner
keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan mobile learning pada
materi kesetimbangan ion dan pH larutan garam dapat mengembangkan
keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada indikator analisis,
evaluasi, dan kreasi. Hal lain yang ditemukan dalam penelitian ini, bahwa
pembelajaran menggunakan mobile learning dapat meningkatkan interaksi
peserta didik, menimbulkan motivasi, dan meningkatkan kreativitas.
Kata Kunci: Mobile Learning, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi,
Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam
SS00021300 | SK 21300 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain