Text
Pengembangan media pembelajaran matematika materi aljabar kelas VII SMP berbasis moodle dengan menggunakan pendekatan saintifik
ABSTRAK
Ageung Rayi Pamungkas. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Materi Aljabar Kelas VII SMP berbasis Moodle dengan Menggunakan Pendekatan
Saintifik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matemaitka, Fakultas Matematika dan
Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Agustus 2019.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran matematika
berbasis Moodle pada materi aljabar kelas VII SMP dengan menggunakan
pendekatan pembelajaran saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan (R&D) dan menggunakan model pengembangan 4-D, yang memuat
langkah-langkah (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Namun,
penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap akhir di langkah Develop. Penelitian
dilakukan pada Agustus 2019 di SMP Muhammadiyah 31 Jakarta. Berdasarkan
hasil penilaian media pembelajaran oleh ahli materi dan bahasa, serta ahli media
didapatkan presentase skor sebesar 84% pada aspek materi, 80% pada aspek bahasa,
84% pada aspek komunikasi visual, dan 81% pada aspek rekayasa perangkat lunak,
sehingga media dinyatakan layak untuk digunakan. Kemudian, berdasarkan hasil
penilaian media pembelajaran di lapangan oleh guru, didapatkan peresentase skor
83% pada aspek materi, 80% pada aspek bahasa, dan 93% pada aspek media.
Sedangkan berdasarkan hasil penilaian media pembelajaran oleh siswa, didapatkan
presentase skor sebesar 85% pada aspek materi, 84% pada aspek bahasa, dan 87%
pada aspek media. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran
matematika berbasis Moodle pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP dengan
menggunakan pendekatan saintifik.
Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, 4-D, Aljabar, Pendekatan
Saintifik.
SS00021283 | SK 21283 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain