Text
Pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap self efficacy siswa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi
ABSTRAK
IKA YULI CHORINA. Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Self Efficacy Siswa pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Agustus 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap self efficacy siswa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Kota Tangerang pada kelas X MIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment bentuk pretest-posttest non-equivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, didapatkan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), sedangkan di kelas kontrol menggunakan model pembelajaran 5M. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat self efficacy siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data, didapatkan thitung sebesar 3,0332 dan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,6676, sehingga thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pada proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap self efficacy siswa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi.
Kata kunci : POGIL, Self efficacy
SS00021296 | SK 21296 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain