Text
Pengaruh metode pembelajaran improve terhadap kemampuan metakognitif siswa pada materi redoks
ABSTRAK
ELISABET ANANTIA. Pengaruh Metode Pembelajaran IMPROVE
Terhadap Kemampuan Metakogntif Siswa Pada Materi REDOKS.
SKRIPSI. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran
IMPROVE (Introducing the new concepts, Metacognitive questioning,
Practicing, Reviewing and reducing difficulties, Obtaining mastery,
Verification, and Enrichment) terhadap kemampuan metakognitif siswa
pada materi redoks. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun
ajaran 2018/2019 di SMA Negeri 36 Jakarta dengan menggunakan Quasy
Experimental design, Nonequivalent Control Group Design. Teknik
sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling.
Penelitian ini terdiri atas kelas kontrol dan kelas eksperimen, masingmasing
berjumlah 36 siswa. Kelas eksperimen menggunakan metode
pembelajaran IMPROVE, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode
pembelajaran 5M. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test
kelas eksperimen sebesar 76,389 dan kelas kontrol sebesar 64,167. Hasil
penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil nilai post-test siswa pada
kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung = 4,800; ttabel =
1,688; thitung > ttabel dengan nilai taraf signifikan 0,05; hal tersebut
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pengaruh metode
pembelajaran IMPROVE terhadap kemampuan metakognitif siswa pada
materi redoks.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran IMPROVE, Kemampuan Metakognitif,
Reaksi REDOKS.
SS00021310 | SK 21310 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain