Text
Pengembangan literasi kimia siswa melalui integrasi isu nanosains dalam pendekatan socio-critical dan problem-oriented pada pembelajaran koloid
ABSTRAK
Fauzia Irfani. Pengembangan Literasi Kimia Siswa melalui Integrasi Isu
Nanosains dalam Pendekatan Socio-Critical dan Problem-Oriented pada
Pembelajaran Koloid. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri
Jakarta, Agustus 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan literasi kimia peserta didik
melalui integrasi isu nanosains dalam pendekatan socio-critical dan
problem-oriented pada pembelajaran koloid. Penelitian dilaksanakan di
SMAN 21 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan
subyek penelitian terdiri dari 36 peserta didik kelas XI IPS 1. Penelitian
dilakukan menggunakan metode analisis kualitatif dengan mengumpulkan
data melalui observasi, wawancara peserta didik, reflektif jurnal, dan tes
literasi kimia. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan mengaitkan
konsep kimia terhadap isu nanosains. Pendekatan socio-critical dan
problem-oriented terintegrasi isu nanosains dilakukan melalui lima
tahapan pembelajaran, yaitu textual approach and problem analysis,
clarifying the science background, resuming socio-scientific dimension,
discussing and evaluating different point of view, dan metareflection. Hasil
penelitian secara keseluruhan terhadap literasi kimia peserta didik
menunjukkan sebagian besar peserta didik telah mencapai level
competent. Penerapan pembelajaran socio-critical dan problem-oriented
terintegrasi isu nanosains memberikan dampak positif terhadap
perkembangan literasi kimia peserta didik melalui aktivitas pemecahan
masalah, kegiatan debat dan refleksi terhadap isu yang diperdebatkan.
Selain itu dapat meningkatkan kemampuan argumentasi, rasa percaya
diri, sikap self awareness dan meningkatkan motivasi belajar peserta
didik. Tantangan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah
memperkenalkan isu nanosains terkait konsep kimia yang belum pernah
dipelajari oleh peserta didik.
Kata Kunci: Literasi Kimia, Socio-critical dan Problem-oriented, Koloid
Nanosains
SS00021304 | SK 21304 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain