Text
Modul elektronik menggunakan model inquiry based learning dilengkapi dengan soal hots pada materi suhu dan kalor
ABSTRAK
AULIA RACHMAH. Modul Elektronik Menggunakan Model Inquiry Based
Learning Dilengkapi Dengan Soal HOTS Pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam, Universitas Negeri Jakarta. Agustus 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar
mandiri berupa modul elektronik menggunakan model inquiry based learning
dilengkapi dengan soal HOTS pada materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang
digunakan Research and Development (R&D) dan mengacu pada model
pengembangan ADDIE (Analyze-Design-Development-ImplementationEvaluation). Pembelajaran yang diterapkan dalam modul elektronik sesuai dengan
tahapan model Inquiry Based Learning yaitu; orientasi, merumuskan masalah,
merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan
kesimpulan. Modul elektronik yang disajikan dilengkapi Soal HOTS sesuai level
kemampuan peserta didik dalam menganalilis (C4), mengevaluasi (C5), dan
mencipta (C6) berdasarkan Taksonomi Bloom revisi. Setelah dilakukan uji validasi
oleh ahli materi didapatkan hasil 90,12%, ahli media didapatkan hasil 84,98% dan
ahli pembelajaran didapatkan hasil 82,47%. Hasil uji coba lapangan oleh guru
didapat hasil 86,67%. Hasil uji coba lapangan oleh peserta didik didapatkan hasil
sebesar 89,10%. Hasil uji efektivitas diperoleh skor gain sebesar 0,40. Dari hasil
tersebut, “Modul Elektronik Menggunakan Model Inquiry Based Learning
Dilengkapi Dengan Soal HOTS Pada Materi Suhu dan Kalor” layak digunakan
sebagai bahan ajar mandiri.
Kata-kata kunci: modul elektronik, inquiry based learning, HOTS, suhu dan kalor.
SS00021305 | SK 21305 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain