Text
Pengaruh model quantum learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X SMA
ANNISA NURUL SIVA. Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar
Siswa pada Materi Usaha dan Energi Kelas X SMA.
Skripsi, Jakarta: Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Learning pada materi
Usaha dan Energi kelas X SMA terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA
Plus PGRI Cibinong. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling
yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu dan diperoleh kelas X IPA
3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel
60 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen semu. Desain
penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group desain, sedangkan instrumen
yang digunakan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS),
dan lembar soal tes pilihan ganda dalam ranah kognitif yang telah diuji validitas dan
reliabilitas. Hasil rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen yaitu 83,83 dan pada kelas
kontrol yaitu 80,38. Hasil dari penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil tes pada
kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model quantum learning terhadap hasil
belajar siswa kelas X SMA pada materi usaha dan enrgi.
Kata kunci: Model Quantum Learning, Hasil Belajar, Usaha dan Energi.
SS00021260 | SK 21260 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain