Text
Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran ikatan kimia dengan pendekatan brain based learning
ABSTRAK
SHABRINA NUR FITRININGSIH: Analisis Kemampuan Berpikir Kritis
Peserta Didik pada Pembelajaran Ikatan Kimia dengan Pendekatan
Brain-Based Learning. SKRIPSI. Jakarta : Program Studi Pendidikan
Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas
Negeri Jakarta. Agustus 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis
peserta didik dalam materi ikatan kimia, menggunakan pendekatan
pembelajaran Brain-Based Learning (BBL). Pendekatan BBL
merupakan pendekatan pembelajaran dengan memaksimalkan fungsi
kerja otak, sejalan dengan proses pengoptimalan kemampuan berpikir
kritis dimana otak harus mendapatkan stimulus yang baik dalam proses
berpikir. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga
November di SMAN 30 Jakarta kelas X MIA 2 dengan jumlah peserta
didik sebanyak 34 orang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah analisis kualitatif, data dikumpulkan dengan cara purposive
sampling yang diperoleh dari wawancara, reflektif jurnal, catatan
observasi, dan hasil tes kemampuan berpikir kritis. Pada tahapan
analisa data dilakukan proses pengolahan berdasarkan tahapan
analisa Creswell (2014). Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa
kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat dioptimalkan
menggunakan pendekatan pembelajaran BBL. Berdasarkan skor hasil
tes, kemampuan berpikir kritis 47,06% peserta didik telah berada pada
level 2, artinya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam
memahami materi ikatan kimia sudah cukup baik. Peserta didik mampu
mengidentifikasi alasan perbedaan bentuk molekul, dan mampu
mengaitkan konsep ikatan kimia dengan struktur atom. Manfaat dari
penelitian ini menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang dapat
dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan belajar abad 21.
Kata kunci: Brain-Based Learning, kemampuan berpikir kritis, ikatan
kimia.
SS00021269 | SK 21269 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain