Text
Pengembangan media mobile learning berbasis pendekatan saintifik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan
ABSTRAK
Rahma Dwi Pasha. Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. SKRIPSI. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Agustus 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media mobile learning berbasis pendekatan saintifik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang layak untuk peserta didik dan guru. Penelitian ini dilakukan menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiono dan disesuaikan dengan penelitian yang dilakukan. Dalam garis besar dapat digambarkan melalui lima tahapan, yaitu : 1) analisis kebutuhan; 2) pengembangan produk; 3) validasi ahli; 4) uji coba skala kecil; 5) uji coba skala besar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil dan semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SMA 4 Bekasi dan SMA PGRI 1 Bekasi. Mobile Learning CHEMIKEL terdiri dari tujuh tampilan yaitu halaman utama, halaman video, halaman materi, halaman latihan, halaman simulasi dan halaman informasi. Hasil persentase kelayakan berdasarkan uji kelayakan oleh ahli media sebesar 93,4% dengan reliabilitas 0,83. Hasil uji materi dan bahasa sebesar 77,3% dengan reliabilitas 0,64. Hasil uji coba skala kecil oleh peserta didik sebesar 85% dan oleh guru sebesar 97%. Hasil uji coba skala besar oleh peserta didik sebesar 86% dan oleh guru sebesar 97,8%. Hasil dari uji para ahli dan uji coba oleh peserta didik dan guru sudah memenuhi kriteria dengan baik untuk peserta didik dan guru serta layak digunakan dan sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan guru.
Kata Kunci : Mobile Learning, Pendekatan saintifik, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
SS00021268 | SK 21268 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain