Text
Analisis literasi digital peserta melalui pembelajaran berbasis web pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan
ABSTRAK
ERICA IKA SULISTYANI. Analisis Literasi Digital Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi digital peserta didik melalui pembelajaran berbasis web pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian dilaksanakan di SMAN 97 Jakarta dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Web yang digunakan sebagai media pembelajaran adalah schoology. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner analisis pendahuluan, observasi kegiatan pembelajaran, penyebaran reflektif jurnal, penyebaran kuesioner literasi digital serta wawancara. Dimensi literasi digital yang dianalisis pada penelitian ini terdiri dari dimensi informasi, komunikasi, pembuatan konten, keamanan dan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital peserta didik dalam dimensi informasi, pembuatan konten, keamanan dan pemecahan masalah termasuk ke dalam kategori sangat baik. Sedangkan literasi digital peserta didik dalam dimensi komunikasi termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan hasil keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa literasi digital peserta didik di SMAN 97 Jakarta termasuk ke dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci : Literasi Digital, Pembelajaran Berbasis Web, Schoology,
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
SS00021266 | SK 21266 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain