Text
Hubungan antara kualitas produk dan pelayanan purna jual dengan keputusan pembelian Smartphone Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Nestiti Praneswari, Hubungan antara Kualitas Produk dan Pelayanan Purna Jual dengan Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 6 bulan terhitung sejak Februari sampai dengan Juli 2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kualitas produk dan pelayanan purna jual dengan keputusan pembelian Smartphone Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling sebanyak 106 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 13,562 + 0,384 X1 + 0,385 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan bernilai 0,200. Karena tingkat signifikansi tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 dan Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity, yaitu 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan yang linier. Dari uji keberartian regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 34,760 > 3,08, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 4.296 dan ttabel = 1,983, Y atas X2 thitung = 4,476 dan ttabel = 1,983. Nilai koefisien korelasi antara variabel kualitas produk (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0.536 dan nilai koefisien korelasi antara variabel pelayanan purna jual (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,544. Jadi, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kualitas produk dengan keputusan pembelian, serta hubungan positif dan signifikan antara pelayanan purna jual dengan keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas produk dan pelayanan purna jual dengan keputusan pembelian. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,403 yang menunjukkan bahwa 40,3% variabel Keputusan Pembelian ditentukan oleh kualitas produk dan pelayanan purna jual. Sementara itu, sisanya 59,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Kata kunci: Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Pelayanan Purna Jual
SS00020398 | SK 20398 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain