Text
Pengaruh lingkungan belajar dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan perbankan di SMK Negeri 9 Kota Bekasi
ABSTRAK
LUSI DJARWANTI. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kesiapan Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Perbankan Di SMK Negeri
9 Kota Bekasi. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi
Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan
kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan Perbankan di SMK
Negeri 9 Kota Bekasi, baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan ini
menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkau
dalam penelitian ini adalah 324 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan
proportional random sampling sehingga di dapatkan sampel sebanyak 84 siswa.
Data variabel prestasi belajar merupakan data sekunder yang diperoleh dari ratarata nilai rapot siswa semester genap. Sedangkan variabel lingkungan belajar dan
kesiapan belajar diperoleh melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert.
Dari uji persyaratan analisis yang dilakukan, data dinyatakan berdistribusi normal
dan linier dengan persamaan regresi ganda Y = 66,142+0,260X1-0,123X2. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis yang
terdiri dari uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data lingkungan belajar
diketahui bahwa thitung (5,453) > ttabel (1,989) sehingga hipotesis Ho ditolak,
maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan
antara lingkungan belajar dan prestasi belajar. Pada variabel kesiapan belajar
diketahui thitung (-2,411) < ttabel (1,989) sehingga Ho ditolak, maka dapat
disimpulan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan
belajar dan prestasi belajar. Secara simultan juga diketahui terdapat pengaruh
lingkungan belajar dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar. Dapat dilihat dari
hasil analisis data yang menunjukkan Fhitung (14,689) > Ftabel (3,11). Terdapat
pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dan kesiapan belajar dengan
prestasi belajar, dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,518 dengan demikian
hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui determinasi (R2
) yaitu dengan
presentase sebesar 26,9%.
Kata kunci: lingkungan belajar, kesiapan belajar, prestasi belajar
SS00020346 | SK 20346 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain