Text
Pengaruh lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI SMK Negeri 22 Jakarta di Jakarta Timur
ABSTRAK
Mila Vivi Apriliani, 8105151356. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar
Terhadap Prestasi Belajar. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Administrasi
Perkantoran, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri
Jakarta. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah
dan kebiasaan belajar terhadap presasi belajar pada siswa kelas XI di SMK Negeri 22 Jakarta.
Penelitian ini dilakukan selama enam bulan, terhitung sejak Februari 2019 sampai Juli 2019.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan regresi berganda.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 22 Jakarta sebanyak 812
siswa dengan populasi terjangkaunya seluruh siswa kelas XI (sebelas) yang berjumlah 207
siswa dan sampelnya berjumlah 131 siswa. Teknik yang digunakan adalah teknik acak
sederhana. Data telah berdistribusi normal dan memiliki hubungan linear. Berdasarkan uji
asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan
Belajar 0,988 > 0,1 nilai VIF sebesar 1,012 < 10 Sedangkan hasil uji heteroskedatisitas melalui
uji spearman nilai signifikan Lingkungan Sekolah 0,629 > 0,05 dan Kebiasaan Belajar 0,851
> 0,05. Selanjutnya persamaan regresi yang di dapat yaitu Ẏ = 64,194 + 0,063X1+ 0,146X2.
Berdasarkan uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T. Pertama, berdasarkan uji F maka
(Fhitung>Ftabel), yaitu sebesar 23,093>3,07. Kedua, berdasarkan uji t maka (Thitung>Ttabel), yaitu
Lingkngan Sekolah sebesar 3,342>1,656 dan Kebiasaan Belajar sebesar 5,513 > 1,656.
Berdasarkan uji koefisien determinasi, Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar secara
simultan berpengaruh terdapat prestasi belajar siswa sebesar 26,5% sedangkan sisanya 73,5%
dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat
pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar terhadap prestasi
belajar siswa pada siswa SMK Nergeri 22 Jakarta.
SS00020520 | SK 20520 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain