Text
Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar pada siswa di SMK Kawula Indonesia Jakarta
ABSTRAK
SITA YEMIMA DEBORA. 8105153799. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan
Motivasi Berprestasi Terhaadap Prestasi Belajar Pada Siswa Di SMK Kawula
Indonesia Jakarta: Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Ekonomi,
Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ekonomi dan
Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional dan
motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa di SMK Kawula Indonseia. Metode
yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode survey dengan pendekatan
korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Kawula Indonesia
yang berjumlah 473 siswa. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI Administrasi Perkantoran yang berjumlah 124 siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan proportional simple random sampling yang
berjumlah 89 siswa. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 24.0. Persamaan
regresi berganda pada penelitian ini adalah Ŷ = 23,152 + 0,558X1 + 0,137X2.
Berdasarkan uji F pada tabel ANOVA, didapat Fhitung 68,072 > Ftabel 3,10. Hal ini
menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi secara simultan
berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji T menghasilkan thitung X1
8,117 > ttabel 1,987 dan thitung X2 3,197> ttabel 1,987. Hal tersebut berarti bahwa
kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap prestasi belajar. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,613. Hal ini berarti
bahwa pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi sebesar 61,3%,
sedangkan sisanya 38,7% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Motivasi Berprestasi
SS00021159 | SK 21159 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain