Text
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing dengan menggunakan simulasi virtual dari aplikasi livewire pada materi arus sejarah (DC) untuk SMA kelas XII
ABSTRAK
ALYA ZULFA. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri
Terbimbing Dengan Menggunakan Simulasi Virtual Dari Aplikasi Livewire Pada
Materi Arus Searah (DC) Untuk SMA Kelas XII. Dibawah bimbingan YETTI
SUPRIYATI, CECEP E. RUSTANA.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS)
berbasis inkuiri terbimbing dengan menggunakan aplikasi livewire yang layak
pada materi arus searah untuk pembelajaran siswa SMA kelas XII. LKS
dikembangkan berdasarkan tahapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing yang
terbagi menjadi enam tahap yaitu rumusan masalah, hipotesis, prosedur percobaan
(merancang percobaan), melakukan percobaan untuk memperoleh data,
mengumpulkan dan menganalisis data, serta membuat kesimpulan. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D).
Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, yaitu pendefinisian,
perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Berdasarkan langkah model
pengembangan, LKS divalidasi melalui uji ahli media, uji ahli materi, dan uji ahli
pembelajaran untuk mengetahui kelayakan produk. Hasil uji kelayakan oleh ahli
materi yaitu 72.50% dengan interpretasi layak dan uji kelayakan oleh ahli
pembelajaran yaitu 81.94% dengan interpretasi sangat layak. Sedangkan uji
kelayakan media sebesar 75.00% dengan interpretasi layak. Setelah dilakukan uji
kelayakan, produk diuji kebermanfaatannya dan uji n-gain. Uji kebermanfaatan
dilakukan oleh guru. Hasil uji kebermanfaatan oleh guru sebesar 91.29% dengan
interpretasi sangat bermanfaat dan uji kebermanfaatan oleh siswa sebsar 87.00%
dengan interpretasi sangat bermanfaat. Hasil uji n-gain dengan nilai 0.59 dengan
kategori “sedang”, berarti terdapat peningkatan pengetahuan yang didapat oleh
siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan LKS pengembangan ini.
Dapat disimpukan bahwa produk hasil pengembangan dapat digunakan sebagai
bahan ajar yang layak untuk mendukung proses pembelajaran
Kata kunci: LKS, inkuiri terbimbing, livewire, arus searah.
SS00021349 | SK 21349 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain