Text
Minat remaja disabilitas terhadap fashion : studi kasus mahasiswa disabilitas Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Asri Nur Sakinah, MINAT REMAJA DISABILITAS TERHADAP FASHION.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri
Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat remaja disabilitas
terhadap fashion. Penelitian dilakukan di Universitas Negeri Jakarta dengan
responden sebanyak enam orang mahasiswa disabilitas yang terdiri dari tiga
keterbatasan, yaitu tunanetra, tunarungu, dan autis. Metode penelitian yang
digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Teknik
pengumpulan data yang di gunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan minat mahasiswa disabilitas berdasarkan pada
perhatian, ketertarikan, perasaan senang, dan keterlibatan terhadap fashion yang
berbeda-beda sesuai dengan keterbatasan yang dimiliki. Rata-rata responden
mengetahui fashion adalah cara berpakaian dan gaya penampilan. Bagi mahasiswa
dengan keterbatasan tuna netra memperhatikan fashion dengan cara mendengar dari
orang sekitarnya dan mahasiswa dengan tuna rungu hampir sama dengan orang
normal, dapat melihat dengan memperhatikan media sosial dan lingkungan sekitar
nya. Sedangkan disabilitas autis memperhatikan fashion dari berbagai macam
sumber sesuai keinginanya. Ketertarikan terhadap fashion bagi ketiga jenis
disabilitas dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan individu. Perempuan dengan
disabilitasnya lebih tertarik terhadap fashion dari pada laki-laki. Perasaan senang
terhadap fashion ditampilkan ketika pakaian yang di inginkannya dapat mereka
kenakan dan mendapat pujian dengan pakaian yang dikenakannya. Keterlibatan
dalam menentukan fashion lebih terlihat dari mahasiswa dengan disabilitas
tunarungu sedangkan bagi mahasiswa dengan keterbatasan pada tuna netra dan
autis masih bergantung pada orang tua atau kerabat terdekatnya.
Kata kunci: Minat, Remaja Disabilitas, Fashion
SS00021318 | SK 21318 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain