Text
Pengembangan permainan interaktif berbasis android untuk siswa SMA X pada pokok bahasan gerak parabola
ABSTRAK
Bagaskara Firdaus, 2019 “Pengembangan Permainan Interaktif Android Untuk
Siswa SMA Kelas X Pada Pokok Bahasan Gerak Parabola”. Skripsi. Jakarta:
Universitas Negeri Jakarta.
Telah dihasilkan Pengembangan Permainan Interaktif Android Untuk Siswa SMA
Kelas X Pada Pokok Bahasan Gerak Parabola. Permainan interaktif ini dibuat
dengan program Unity3D yang permainannya melatarkan seorang siswa sedang
melakukan tendangan bebas di lapangan bola. Tujuan dari permainan interaktif ini
adalah 1) alternatif media pembelajaran pada proses kegiatan belajar mengajar, 2)
pengguna lebih termotivasi untuk belajar, 3) meningkatkan pemahaman makna fisis
gerak parabola. Menurut survei tahun 2016 yang dilakukan oleh Asosiasi
Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang bekerjasama dengan Lembaga
Polling Indonesia (LPI), pengguna telepon pintar dengan usia 10 tahun sampai 24
tahun di Indonesia sebesar 75,5%. Pemain dapat mengatur posisi tendangan, sudut
elevasi dan kecepatan awal bola berdasarkan tantangan yang sudah diberikan di
setiap tingkatnya. Dalam tampilan variabel yang diketahui dan variabel yang harus
dimasukkan menggunakan 2 digit angka dibelakang koma sebagai pertimbangan
estetika dalam Graphic User Interface (GUI). Diharapkan pengguna dapat menguji
kemampuannya dalam pokok bahasan gerak parabola yang diaplikasikan dalam
permainan interaktif ini. Pengembangan Permainan Interaktif Android Untuk Siswa
SMA Kelas X Pada Pokok Bahasan Gerak Parabola layak digunakan berdasarkan
penilaian dari Ahli Materi, Ahli Media dan Guru Fisika SMA dengan skor 4,58
dalam kategori sangat layak serta tingkat ketertarikan peserta didik sebesar 80.95%
dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: Permainan, Media Pembelajaran, Gerak Parabola
SS00021322 | SK 21322 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain