Text
Pengaruh model pembelajaran teams games tournament menggunakan media monopoli termodifikasi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem hormon
ABSTRAK
OCKTI ISNAYNI DARISE. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Menggunakan Media Monopoli Termodifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Hormon. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2019. Bimbingan oleh EKA PUTRI AZRAI dan SRI RAHAYU.
Pembelajaran yang masih cenderung berpusat pada guru serta tidak ada penggunaan media pembelajaran yaang menarik. Hal tersebut berdampak kepada pencapaian hasil belajar yang kurang optimal. Salah satu upaya yang dapat diterapkan dalam mengoptimalkan hasil belajar siswa diantaranya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dan media monopoli termodifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament menggunakan monopoli termodifikasi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem hormon di SMA Negeri 95 Jakarta. Penelitian dilakukan dengan metode kuasi eksperimen dan sampel dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata skor hasil belajar kelas eksperimen 90,11 sedangkan kelas kontrol 74,60. Berdasarkan uji hipotesis melalui uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament menggunakan media monopoli termodifikasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi sistem hormon di SMA Negeri 95 Jakarta Barat.
Kata Kunci : teams games tournament, monopoli termodifikasi, hasil belajar
SS00021324 | SK 21324 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain