Text
Pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbasis pendekatan saintifik (CIRSA) terhadap pemahaman konsep sistem ekskresi
ABSTRAK
SRI MUTMAINAH. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbasis Pendekatan Saintifik (Cirsa) terhadap Pemahaman Konsep Sistem Ekskresi. Di bawah bimbingan SRI RAHAYU, RIZHAL HENDI RISTANTO.
Rendahnya minat membaca peserta didik terhadap materi sistem ekskresi menunjukkan perlunya peningkatan pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cirsa terhadap pemahaman konsep sistem ekskresi. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pre test and post test control group. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil pemahaman konsep sistem ekskresi. Penelitian dilakukan di SMAN 5 Depok pada bulan April hingga Mei 2019. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPA 3 dan 4 yang berjumlah 68 peserta didik dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen tes pemahaman konsep dilakukan uji validasi dan uji reliablitas. Hasil uji validasi menunjukkan soal yang valid sebanyak 12 butir dari 20 butir soal. Uji reliabilitas menunjukkan nilai rhitung sebesar 0,7856 dan termasuk dalam kriteria tinggi. Analisis data prasyarat menggunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk normalitas dan uji F untuk homogenitas. Hasil yang didapat dari uji prasayarat adalah data berdistribusi normal dan berasal dari kedua populasi yang homogen. Uji statistik menggunakan Independent t-test pada α = 0,05 kemudian didapatkan nilai signifikansi 0,039 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cirsa terhadap pemahaman konsep sistem ekskresi. Uji efektifitas model pembelajaran Cirsa dengan perhitungan normalized gain memperoleh skor sebesar 0,58 atau termasuk kedalam kategori cukup efektif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cirsa terhadap pemahaman konsep sistem ekskresi.
Kata Kunci: model pembelajaran Cirsa, pemahaman konsep, sistem ekskresi.
SS00021329 | SK 21329 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain