Text
Kontribusi hasil belajar mata kuliah perencanaan pembelajaran terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
MUHAMMAD RAYYAN KUSUMA, Kontribusi Hasil Belajar Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri jakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2019.
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui kontribusi hasil belajar mata kuliah Perencanaan Pembelajaran terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Expost Facto dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta yang telah menyelesaikan mata kuliah Perencanaan Pembelajaran serta Praktik Keterampilan Mengajar pada semester 106 yang berjumlah 31 orang, karena populasi yang terdapat dalam penelitian ini kurang dari 100 orang maka keseluruhan populasi dijadikan sampel.
Teknik analisis data dimulai dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji linieritas serta analisis regresi. Hasil uji normalitas dari data hasil belajar mata kuliah Perencanaan Pembelajaran adalah L0 = 0,150 < Ltabel = 0,159 yang artinya data berdistribusi normal. Data hasil uji normalitas kesiapan menjadi guru adalah L0 = 0,138 < Ltabel = 0,159 yang artinya data berdistribusi normal. Hasil uji linieritas menunjukan sig. 0,58 > 0,05 yang berarti bahwa kedua data tersebut adalah linier. Uji hipotesis digunakan uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada kontribusi positif antara hasil belajar mata kuliah Perencanaan Pembelajaran terhadap kesiapan menjadi guru. Dapat dilihat dari hasil anaisis yang menunjukkan dengan rxy = 0,64 dan koefisien determinasi sebesar 40,96% dengan taraf signifikan sebesar 5%. Hal ini berarti bahwa semakin besar hasil belajar mata kuliah perencanaan Pembelajaran maka semakin tinggi kesiapan menjadi guru pada mahasiswa.
Kata Kunci: hasil belajar perencanaan pembelajaran, kesiapan menjadi guru
SS00021373 | SK 21373 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain