Text
Analisis resiko kecelakaan kendaraan pada lomba Shell Eco-Marathon Asia dengan metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assesment and Risk Control)
ABSTRAK
Dyas Rosaria Indah. Analisis Risiko Kecelakaan Kendaraan pada Lomba
Shell Eco – Marathon Asia dengan Metode HIRARC (Hazard Identification,
Risk Assessment and Risk Control)
Shell Eco Marathon mewajibkan peserta membuat kendaraan masa depan
dengan dua jenis kendaraan yaitu Prototype atau Urban Concept. Kendaraan
Hemat Energi dengan desain khusus yang memaksimalkan aspek efisiensi namun
tidak mengurangi aspek keamanannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menentukan komponen kendaraan peserta Shell Eco – Marathon Asia yang
memiliki kecenderungan kerusakan terbanyak, kemungkinan dan keparahan
terjadinya risiko dan menentukan usulan perbaikan atau pengendalian atas risiko
tersebut dengan metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment and
Risk Control). Pada hasil identifikasi bahaya komponen engine memiliki total 36
jumlah kejadian. Penilaian risiko dengan matrix HIRARC untuk menentukan risk
level dari penyebab risiko kecelakaan dihasilkan jumlah risk level low terdapat 9
penyebab risiko, 9 penyebab risiko dengan risk level medium, 3 penyebab risiko
dengan risk level high dan 8 penyebab risiko dengan risk level extreme. Tujuan
analisis risiko kecelakaan dengan mengidentifikasi bahaya, melakukan penilaian
risiko dan pengendaliam risiko adalah mencegah atau meminimalisir terjadinya
kecelakaan. Upaya pengendalian diaplikasikan pada komponen yang memiliki
kecenderungan kerusakan terbanyak dan memiliki risk level extreme. Upaya
tersebut berupa usulan teknis dan usulan regulasi yang dapat diterapkan pada
kendaraan hemat energi Urban Concept.
Kata kunci : Shell Eco – Marathon , Urban Concept, HIRARC, Risk Level,
Upaya Pengendalian
SS00021385 | SK 21385 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain