Text
Lembar kerja elektronik peserta didik berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi simulasi pada pokok bahasan pembiasan cahaya pada siswa SMA
ABSTRAK
Ardelia Nabila Putri, 2019 “Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing dilengkapi Simulasi pada Pokok Bahasan Pembiasan Cahaya pada Siswa SMA”. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa lembar kerja elektronik peserta didik berbasis inkuiri terbimbing yang dilengkapi dengan simulasi yang layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analyze), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap impelementasi (Implement), dan tahap evaluasi (Evaluate). Hasil validasi dan uji coba menunjukkan rata-rata presentase oleh ahli materi 80%, oleh ahli media 85%, oleh guru fisika SMA 89,99% dan dari peserta didik SMA kelas XII 79,17%. Hasil rata-rata uji Gain sebesar 0.40 menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman peserta didik termasuk dalam interpretasi sedang. Sehingga, media pembelajaran lembar kerja elektronik peserta didik berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi simulasi pada pokok bahasan pembiasan cahaya layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran; Model ADDIE; LKPD, Inkuiri Terbimbing, Simulasi
SS00021338 | SK 21338 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain