Text
Pengaruh model pembelajaran search, solve, create, share berbasis realistic mathematics education terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMPN 12 Bekasi
ABSTRAK
ANNISA CAHYA REGITA. Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve,
Create, Share Berbasis Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan
Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 12 Bekasi. Skripsi. Pendidikan
Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri
Jakarta, Agustus 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
signifikan model pembelajaran Search, Solve, Create, Share berbasis
Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan representasi matematis
siswa kelas VIII SMPN 12 Bekasi dan untuk mengetahui besar pengaruh model
pembelajaran SSCS berbasis RME terhadap kemampuan representasi matematis
siswa kelas VIII SMPN 12 Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian
kuantitatif ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment). Teknik
pengambilan sampel yang digunakan teknik two-stage sampling. Stage pertama
menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan kelas dengan
pertimbangan ertentu yaitu kelas diajarkan oleh guru yang sama. Stage selanjutnya
menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan kelas eksperimen
(model pembelajaran SSCS berbasis RME) dan kelas kontrol (model pembelajaran
konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan adalah hasil tes kemampuan
representasi matematis siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Tes akhir
tersebut berbentuk uraian sebanyak enam soal yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya terlebih dahulu. Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, data
kedua kelas berasal dari populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang
sama atau homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan
menggunakan statistik uji-t dengan varians yang sama. Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,1348 > ttabel = 1.66691, maka tolak H0 pada taraf
signifikan
SS00021274 | SK 21274 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain