Text
Praktik keterampilan mengajar (PKM) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Jurusan Kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR (PKM) TERHADAP
MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN KEPENDIDIKAN
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Oleh : Wahyu Shanty Septianingsih
NIM : 8105153413
Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) adalah salah satu mata kuliah
praktik mengajar di LPTK yang dapat disamakan dengan kuliah praktik di fakultas
lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara
PKM terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa jurusan kependidikan yang
melakukan kegiatan PKM pada tahun 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Jakarta. Kegiatan PKM (Praktik Keterampilan Mengajar) pada dasarnya ditujukkan
pada pembentukan sikap, kepribadian, moral, dan karakter maupun etika profesi
pendidik dan tenaga kependidikan guna membentuk calon guru dan tenaga pendidik
yang berpotensi mempengaruhi minat menjadi guru pada diri mahasiswa. Penelitian
ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi
dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan kependidikan yang menjadi peserta
PKM tahun 2018 Fakultas Ekonomi UNJ yang berjumlah 225. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 135 mahasiswa dengan menggunakan Simple Random
Sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa kuisioner yang berbentuk
Google Form. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji
normalitas dan uji linearitas, dan untuk pengujian hipotesisnya menggunakan
analisis regresi sederhana.Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif
antara kegiatan PKM (X) dan minat menjadi guru (Y) pada mahasiswa jurusan
kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang ditunjukkan
dengan koefisien korelasi (R) yang bernilai positif yaitu 0,521 dan harga koefisien
determinasi (R2
) X terhadap Y sebesar 0,272. Hal ini menunjukkan bahwa variable
X atau kegiatan PKM memiliki kontribusi untuk meningkatkan minat menjadi guru
pada mahasiswa jurusan kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Jakarta yang menjadi peserta PKM tahun 2018 sebesar 27,2% sedangkan 72,8%
ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : PKM, minat menjadi guru
Bibliografi : lembar 67-70
SS00022059 | SK 22059 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain