Text
Karakteristik komposit berbahan baku serbuk kayu, sabut kelapa, dan cangkang kerang hijau terhadap koefisien gesek dan SEM (Scanning Electron Microscope) pada rem tromol sepeda motor listrik
ABSTRAK
Rio Alzuhry, Pengaruh Komposit Berbahan Baku Serbuk Serbuk Kayu, Sabut Kelapa Dan Cangkang Kerang Hijau Terhadap Koefisien Gesek Dan SEM (Scanning Electron Microscope) Pada Rem Tromol Sepeda Motor Listrik. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, Agustus 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan akan material kampas rem ramah lingkungan dan pemanfaatan limbah serbuk kayu, sabut kelapa dan cangkang kerang hijau. Pemanfaatan limbah serbuk kayu, sabut kelapa dan cangkang kerang hijau belum banyak diaplikasikan pada produk teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi serbuk kayu, sabut kelapa dan cangkang kerang hijau terhadap gaya gesek dan kerapatan pada setiap bahannya.
Penelitian ini menggunakan metode eskperimen. Parameter yang diuji adalah koefisien gesek dan kerapatan setiap partikelnya menggunakan alat uji koefisien gesek dan alat uji SEM. Kampas rem yang digunakan spesimen SKY40K0CK10 (serbuk kayu 40%, sabut kelapa 0%, cangkang kerang hijau 10%), SKY0K40CK10 (serbuk kayu 0%, sabut kelapa 40%, cangkang kerang hijau 10%), SKY25K25CK0 (serbuk kayu 25%, sabut kelapa 25%, cangkang kerang 0%), SKY20K20CK10 (serbuk kayu 20%, sabut kelapa 20%, cangkang kerang hijau 10%) serta resin polyester 50% di setiap spesimennya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa komposisi serbuk kayu, sabut kelapa dan cangkang kerang hijau mempengaruhi gaya gesek dan kerapatan partikelnya pada kampas rem. Spesimen yang tertinggi setelah di uji adalah SKY0K40CK10 dengan 0,424 gaya geseknya dan spesimen SKY25K25CK0 memiliki kandungan C terbesar yaitu 73,20%.
SS00021398 | SK 21398 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain