Text
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk streetwear fashion imitasi
ABSTRAK
Eriz Novalia, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Produk Streetwear Fashion Imitasi, Jakarta, Program Studi Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Berkembangnya produk streetwear fashion imitasi di Jakarta disebabkan oleh banyaknya permintaan konsumen produk streetwear fashion imitasi. Pembelian produk imitasi merupakan salah satu tindakan illegal karena kegiatan tersebut mendukung adanya pemalsuan atau tindakan plagiat di Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian streetwear fashion imitasi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dari kuesioner serta hasil observasi konsumen streetwear fashion imitasi. Konsumen streetwear fashion imitasi pada penelitian ini ditujukan pada remaja dari kalangan remaja awal hingga remaja akhir. Analisa data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menganalisis per-butir soal, per sub-indikator, serta per indikator untuk mendapatkan faktor yang paling medominasi dalam penelitian ini.
Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, data tersebut dianalisis untuk ditarik kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian streetwear fashion imitasi didominasi oleh faktor psikologi (29,6%), faktor pribadi (29,5%), faktor kebudayaan (20,7%), serta faktor sosial dengan angka persentase paling rendah (20,2%).
Kata kunci: perilaku konsumen, streetwear, fashion, imitasi
SS00021400 | SK 21400 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain