Text
Pengaruh penerapan computer game ayo memasak bersama terhadap hasil praktik anak TK
PENGARUH PENERAPAN COMPUTER GAME AYO MEMASAK BERSAMA TERHADAP HASIL PRAKTIK ANAK TK
HALOMOAN SIAHAAN
Pembimbing : Dra. Sachriani, M.Kes dan Annis Kandriasari, S.Pd., M.Pd
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mempelajari pengaruh penerapan computer game ayo memasak bersama terhadap hasil praktik anak TK. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-Azhar 13, Rawamangun pada bulan Februari – Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Quasi Eksperiment terhadap kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen. Pada penelitian ini jumlah keseluruhan sampel sebanyak 40 anak TK B yang berusia 5-6 tahun dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu 20 anak untuk kelompok kelas kontrol dan 20 anak untuk kelompok kelas eksperimen. Data didapatkan dengan cara mengamati anak ketika memainkan computer game dan mempraktikkan hidangan yang telah dibuat berdasarkan game. Penilaian dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dan diuji dengan menggunakan uji non parametrik, yaitu uji Mann Whitney. Pengujian Mann Whitney dengan taraf nyata (α) = 0.05 diperoleh Uhitung = 52,5. Sedangkan nilai Utabel dengan α = 0.05 yaitu 138. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dan dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh penerapan computer game ayo memasak bersama terhadap hasil praktik anak TK.
Kata Kunci : Computer Game, Hasil Praktik
SS00021363 | SK 21363 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain