Text
Karakteristik komposit serbuk kayu, serabut kelapa dan serbuk tulang sapi untuk komposisi kampas rem tromol terhadap koefisien gesek, analisis termal dan kekerasan pada sepeda motor listrik
ABSTRAK
Sulaiman, Karakteristik Komposit Serbuk Kayu, Serabut Kelapa dan Serbuk
Tulang Sapi Untuk Komposisi Kampas Rem Tromol Terhadap Koefisien Gesek,
Analisis Termal dan Kekerasan Pada Sepeda Motor Listrik.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin,
Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari variasi komposisi komposit
terbaik pada kampas rem sepeda motor listrik berbahan serbuk kayu, serabut
kelapa dan serbuk tulang sapi terhadap uji kekerasan, uji termal dan uji koefisien
gesek. Mengetahui komposisi spesimen uji yang sesuai, untuk mendapatkan
kekerasan, hasil perubahan massa pada uji termal dan angka koefisien gesek
statis yang optimal. Metode Percobaan (Eksperiment Research) yang digunakan
dalam penelitian ini, dilakukan dengan cara memvariasikan 4 komposisi
spesimen uji kampas rem yaitu KY0KL40TS10, KY40KL0TS10,
KY25KL25TS0 dan KY20KL20TS10 kemudian dilakukan uji kekerasan vickers,
uji termal TGA dan uji koefisien gesek statis dengan menggunakan alat pada
jurusan teknik mesin UNJ. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan hasil
analisa data, spesimen uji KY20KL20TS10 memiliki angka kekerasan yang
paling mendekati kampas rem standar sebesar 32,12 HV. Pada uji termal TGA
spesimen uji KY20KL20TS10 memiliki angka suhu paling tinggi pada titik
150oC pada perubahan massa awal. Kemudian untuk uji koefisien gesek statis,
spesimen uji KY0KL40TS10 memiliki µs paling tinggi sebesar 0,47.
Kata Kunci : Kampas rem, Komposit, Rem Tromol Sepeda Motor Listrik
SS00021397 | SK 21397 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain