Text
Pengaruh partisipasi warga belajar terhadap proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Penghetahuan Alam (IPA) pada pendidikan kesetaraan program kejar paket B di PKBM Negeri 21 Tebet Timur
PARTISIPASI WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM KEJAR PAKET B DI PKBM NEGERI 21 TEBET TIMUR
AHMAD MUHAJIR
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi warga belajar terhadap proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada pendidikan kesetaraan program kejar paket B di PKBM Negeri 21 Tebet Timur. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh warga belajar paket B di PKBM Negeri 21 Tebet Timur dengan Sampel sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan adalah metode campuran (Mix Methods) dengan pendekatan asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan t hitung (4,195) > t tabel (1,701) yang artinya bahwa adanya pengaruh partisipasi warga belajar terhadap proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada pendidikan kesetaraan program kejar paket B di PKBM Negeri 21 Tebet Timur. Hal ini menunjukan Warga belajar memberikan respon positif terhadap seluruh pernyataan instrumen partisipasi warga belajar dan proses pembelajaran serta dengan dibuktikannya terdapat korelasi yang signifikan antara Partisipasi Warga Belajar dengan Proses Pembelajaran, oleh sebab itu,
tutor perlu mengeksplorasi tentang pembelajaran yang baik dan menyenangkan, agar warga belajar terus mengikuti pembelajaran dengan baik tanpa paksaan menuju kemandirian di dalam proses pembelajaran
Kata kunci: Partisipasi Warga Belajar, Proses Pembelajaran
SS00021621 | SK 21621 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain