Text
Hubungan pola asuh orang tua dengan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA siswa kelas V sekolah dasar : studi korelasi di SDN Kelurahan Meruya Utara, Kembangan Jakarta Barat
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SIKAP ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
(Studi Korelasi di SDN Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat)
(2019)
Arti Pratiwi
ABSTRAK
Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua menurut siswa dengan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA kelas V SD di Kelurahan Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Sampel pada penelitian ini berjumlah 107 orang yang merupakan siswa kelas V di SDN Kelurahan Meruya Utara. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan model penelitian sederhana hubungan X dengan Y. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen non tes berupa angket. Data tersebut dianalisis menggunakan uji korelasi product moment dan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji korelasi product moment diperoleh besarnya hubungan 0,122 dan uji-t diperoleh hasil thitung>ttabel, (1,260>-1,660) menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak yang berarti terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua menurut siswa dengan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA dengan derajat korelasi sangat rendah. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 1,5% artinya sikap ilmiah IPA ditentukan oleh pola asuh orang tua menurut siswa sebesar 1,5%.
Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua Menurut Siswa, Sikap Ilmiah IPA
SS00021597 | SK 21597 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain