Text
Pengaruh metode bermain peran (role playing) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V sekolah dasar Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor
PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CILEUNGSI KABUPATEN BOGOR
(2019)
ANDITA ISVIANI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran (Role Playing) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD. Penelitian dilaksanakan di SDN Cileungsi 06 dan SDN Pasirangin 01, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VF SDN Cileungsi 06 dan siswa kelas VA SDN Pasirangin 01, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen pengamatan. Intrumen tersebut kemudian diuji normalitas dan homogenitas sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung = 9,21 dengan dk = 68, sedangkan harga ttabel pada taraf signifikansi (α) = 0,05 dengan dk = 68 adalah sebesar 1,67. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (9,21 > 1,67), maka artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hal ini dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk dapat menumbuhkan serta mengembangkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD.
Kata kunci: Metode Bermain Peran (Role Playing), Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD.
SS00021599 | SK 21599 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain