Text
Hubungan antara disposisi matematis dengan kemampuan presentasi matematis peserta didik kelas V sekolah dasar : studi korelasi di sekolah dasar Kelurahan Meruya Utara Kecamatan Kembangan Jakarta Barat
HUBUNGAN ANTARA DISPOSISI MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS
PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
(Studi Korelasi di Sekolah Dasar Kelurahan Meruya Utara
Kecamatan Kembangan Jakarta Barat)
(2019)
Aprilia Wahyuti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara disposisi matematis dengan kemampuan representasi matematis pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Kelurahan Meruya Utara, Kembangan Jakarta Barat. Sampel pada penelitian ini berjumlah 80 orang yang merupakan siswa kelas V Sekolah Dasar di Kelurahan Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan dengan teknik korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal uraian dan instrumen non tes berupa angket. Data tersebut dianalisis menggunakan uji korelasi product moment dan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji korelasi product moment diperoleh besarnya hubungan 0,576 dan uji-t, diperoleh hasil = 6,227 > 1,668 = menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disposisi matematis dengan kemampuan representasi matematis dengan derajat korelasi sedang atau cukup. Artinya semakin tinggi disposisi matematis maka akan semakin tinggi kemampuan representasi matematis siswa. Oleh karena itu, perlu adanya upaya pendidik untuk meningkatkan disposisi matematis peserta didik agar kemampuan representasi matematis juga meningkat.
Kata Kunci: Disposisi Matematis, Kemampuan Representasi Matematis.
SS00021634 | SK 21634 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain