Text
Pengembangan video pembelajaran dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan pengetahuan mengenai perilaku agresif pada peserta didik kelas X SMK Malaka Jakarta
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM BIMBINGAN
KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENGENAI
PERILAKU AGRESIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X
SMK MALAKA JAKARTA
ALIF FIANA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran dalam
bimbingan kelompok untuk meningkatkan pengetahuan mengenai perilaku
agresif peserta didik kelas X SMK Malaka Jakarta. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan tahapan ADDIE
(Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Namun,
tahapan yang dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan. Sampel
pada studi pendahuluan penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 138
orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan
data yang dilakukan menggunakan angket dan tes untuk peserta didik, dan
wawancara guru BK. Video pembelajaran ini terdiri dari tiga segmen. Segmen
1 berisi pengertian perilaku agresif dan bentuk perilaku agresif, segmen 2
berisi faktor yang mempengaruhi perilaku agresif, dan segmen 3 berisi
dampak perilaku agresif dan cara mengendalikan perilaku agresif. Hasil
validasi dari ahli media diperoleh sebesar 92%, ahli materi sebesar 83%, uji
coba kelompok kecil sebesar 88%, dan ketercapaian tujuan kinerja sebesar
84%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran
mengenai perilaku agresif dikategorikan sangat baik.
Kata Kunci: Video pembelajaran, Perilaku Agresif, Bimbingan Kelompok,
Model ADDIE.
SS00021636 | SK 21636 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain