Text
Peningkatan hasil belajar lukis cat air melalui pendekatan pembelajaran aktif di kelas XI MIA 2 SMA Uswatun Hasanah Jakarta Timur
ABSTRAK
M. D. Frisandly Melsi. Peningkatan Hasil Belajar Lukis Cat Air melalui
Pendekatan Pembelajaran Aktif di Kelas Xi Mia 2 SMA Uswatun Hasanah
Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri
Jakarta. Agustus. 2019.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar lukis cat air melalui pendekatan pembelajaran aktif model Galeri
Walk yang berjumlah 24 siswa.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan model
Penelitian Tindakan Kelas John Elliot. Adapun prosedur penelitian
meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan data pada siklus 1, hasil belajar yang
diperoleh sebesar 58,33% atau hanya 14 siswa yang memperoleh nilai ≥
75 (KKM). Pada siklus 2, hasil belajar meningkat menjadi 83,33% atau
sebanyak 20 siswa yang berhasil memperoleh nilai ≥ 75 (KKM). Adapun
penggunaan model Galeri Walk pada siklus 1, pemantau tindakan guru
dan siswa 69,69% pada dan pada siklus 2 mencapai 80,88%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran aktif model Galeri Walk dapat
meningkatkan hasil belajar lukis cat air siswa kelas XI MIA 2 SMA
Uswatun Hasanah Jakarta Timur.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil Belajar, Lukis Cat
Air, Pendekatan Pembelajaran Aktif, Galeri Walk, Kelas XI MIA 2.
SS00021694 | SK 21694 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain