Text
Keterampilan mengelola kelas pada mahasiswa PKM dalam pembelajaran bahasa Prancis di SMA Negeri 43 Jakarta
ABSTRAK
Vera Prima Vini Vidiawati. 2018. Keterampilan Mengelola Kelas pada Mahasiswa PKM dalam Pembelajaran Bahasa Prancis di SMA Negeri 43 Jakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan mengelola kelas oleh mahasiswa PKM Prodi Pendidikan Bahasa Prancis di SMA Negeri 43 dalam kegiatan Praktek Keterampilan Mengajar (PKM). Lingkup penelitian ini berfokus pada keterampilan mengelola kelas oleh mahasiswa PKM dalam pembelajaran bahasa Prancis di sekolah dengan mengacu pada aspek penilaian yang terdapat dalam Alat Penilaian Kinerja Guru (APKG) yang telah dibuat oleh Tim PKM UNJ. Pengamatan yang dilakukan dalam penelitian ini sebanyak dua kali pada semester ganjil 109 yaitu pada bulan September hingga Oktober tahun 2018 pada satu mahasiswa yang mengikuti mata kuliah PKM.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Kriteria analisis dalam penelitian ini mengacu pada aspek penilaian keterampilan pengelolaan kelas yang terdapat dalam APKG UNJ, aspek-aspek tersebut adalah sebagai berikut: membuat suasana belajar menyenangkan, menegur siswa yang tidak mau belajar, memberi penghargaan kepada siswa, dan menciptakan interaksi siswa dalam belajar, yang didalamnya terdiri dari 23 aspek.
Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan mengelola kelas dalam proses pembelajaran bahasa bahasa Prancis pada mahasiswa yang bersangkutan dalam kategori baik. Dengan presentase pencapaian sebesar 86.05%.
Kata kunci : keterampilan mengelola kelas, mahasiswa PKM, PKM
SS00021734 | SK 21734 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain